Eddie Van Halen Meninggal di Usia 65

  • Eddie_Van_Halen.jpg


    Eddie Van Halen, salah satu gitaris paling berpengaruh dalam sejarah musik rock, telah meninggal. Dia berumur 65 tahun.

    Penyebab kematiannya adalah kanker, yang telah diperangi sang gitaris setidaknya sejak Oktober tahun lalu.

    Eddie Van Halen lahir di Amsterdam pada tahun 1955. Dia memulai Van Halen dengan kakak laki-lakinya, drummer Alex Van Halen, pada tahun 1972. Debut tahun 1978 band tersebut, yang juga digawangi penyanyi David Lee Roth dan bassis Michael Anthony, adalah sukses besar, dengan perhatian khusus diberikan pada permainan gitar Eddie. Dia kemudian menjadi salah satu gitaris yang paling ditiru sepanjang masa dan sebagian besar dikreditkan dengan penemuan teknik tapping dengan dua tangan yang akan mendominasi lead gitar musik heavy selama beberapa dekade.

    Roth akhirnya keluar dari Van Halen, yang kemudian menjual lebih banyak rekaman dengan penyanyi baru mereka, Sammy Hagar. Setelah berpisah dengan Hagar di tahun 90-an, band ini memiliki sejarah yang penuh gejolak, termasuk reuni berulang kali dengan Roth dan Hagar dan waktu singkat dengan Gary Cherone (Extreme).

    Album terakhir Van Halen, A Different Kind of Truth - yang menampilkan Roth pada vokal dan Wolfgang pada bass - dirilis pada 2012. Mereka menyelesaikan apa yang akan menjadi tur terakhir mereka pada Oktober 2015.

    Eddie didiagnosis menderita kanker lidah sekitar 20 tahun yang lalu dan sebagian lidahnya diangkat pada tahun 2000. Eddie menyalahkan penyebab kankernya pada pick gitar metal yang biasa ia gunakan, yang akan digigit di mulutnya, meskipun ia tercatat sebagai perokok berat.

    Laporan TMZ Oktober 2019, yang mengklaim mempunyai "sumber langsung," mengklaim Eddie menderita kanker tenggorokan dan telah terbang bolak-balik ke Jerman selama lima tahun sebelumnya untuk mendapatkan perawatan. Laporan tersebut menyatakan bahwa “sebagian besar” pengobatan itu efektif.

    Awal tahun ini, Roth memperkirakan Van Halen tidak akan pernah tur lagi, sementara Hagar memperkirakan bahwa mereka akan melakukannya.


    R.I.P Eddie Van Halen

Participate now!

Don’t have an account yet? Register yourself now and be a part of our community!